Selasa, 03 Mei 2011

Arquebus




Adalah senjata api laras panjang pertama dengan pelatuk pertama yang digunakan dari abad 15 sampai 17 M.

Kata Arquebus berasal dari Jerman yaitu Hakenbüchse, yang menjadi haquebute. Kemudian oleh bahasa Italia archibugio dan berkembang menjadi arquebuse (Perancis), arcabuz (Spanyol), arcabus (Portugis) dan arquebus (Inggris). juga berasal dari kata Abus karena merupakan generasi baru dari meriam tangan Abus Gun.

Seperti pengganti dari Meriam Tangan, itu adalah senjata api smoothbore, namun lebih ringan dan lebih mudah untuk dibawa. Ini adalah pendahulu dari senjata api laras panjang lainnya seperti Musket.






Arquebus adalah senjata utama tentara Ming di Cina pada akhir abad ke-14 M. Dalam kampanye untuk mengusir Mongol agar keluar dari daratan China. Pada 1387 M tentara Cina mengembangkan metode tiga jalur pada Arquebusier untuk menghancurkan formasi gajah perang. 

Metode tiga baris memungkinkan dua baris untuk reload sedangkan yang lain akan menembak. Taktik seperti ini diperbolehkan untuk keseimbangan daya tembak agar mengimbangi akurasi yang buruk.

Penggunaan pertama arquebus di Eropa dengan jumlah besar berada dibawah pimpinan raja Hungaria Matthias Corvinus (1458-1490 M). sampai setiap tentara Angkatan Darat Infantri di sekitar Laut Hitam memiliki arquebus.

.