Senin, 09 Mei 2011

Kapal Layar Galleon



Adalah kapal layar berukuran besar yang memiliki dek bertingkat-tingkat, dan umumnya dipakai oleh negara-negara Eropa dari abad ke-16 hingga abad ke-18. 

Ketika dipakai untuk berdagang maupun untuk berperang, galleon umumnya dilengkapi dengan meriam jenis demi-culverin (kulverin yang berukuran kecil), Galleon merupakan perkembangan dari kapal layar berukuran kecil yang disebut Caravel, atau kapal bertiang layar 3 atau 4 yang disebut Carrack dalam bahasa Spanyol dalam bahasa Portugis (carraca dan nau, keduanya berarti kapal). 

Galleon dipakai untuk pelayaran jarak jauh di berbagai samudera. Bagian haluan yang dibuat lebih rendah dan lambung kapal yang diperpanjang, menghasilkan tingkat stabilitas di air yang tidak dimiliki kapal model sebelumnya.




Saat itu Armada Spanyol dan Inggris saling bermusuhan dan bertempur dalam perang laut bersejarah pada tahun 1588 M. Ketika itu, Armada Spanyol yang terdiri dari kapal-kapal galleon dikalahkan oleh armada Inggris yang terdiri dari kapal-kapal galleon yang disederhanakan (disebut kapal razee galleon) oleh pembuat kapal Inggris bernama Sir John Hawkins. 

Meskipun demikian, galleon Spanyol yang berukuran sangat besar, memang sebagian besar dirancang untuk kapal angkut dalam pelayaran samudra yang memakan waktu lama, dan terbukti sulit dihancurkan dalam pertempuran serta tahan dari badai besar dalam pelayaran pulang, dan sebagian di antaranya selamat tiba kembali di Spanyol.




.