Senin, 07 Maret 2011

Sling




Sling (dalam bahasa Indonesia disebut Umban) adalah senjata sederhana yang biasanya digunakan untuk melontarkan proyektil seperti batu tanpa gaya pegas. 


Sling memiliki semacam 'kantung' atau tempat untuk menyimpan proyektil di antara tali. Sebelum dilontarkan, kedua ujung sling dipegang dengan satu tangan lalu diayun, diputar-putar dan dihentakkan sehingga kantungnya tertarik kearah sasaran, sehingga proyektil lepas dan melesat kearah sasaran.




Sling sangat murah dan mudah dibuat. Proyektil atau amunisi yang paling sederhana adalah batu, terutama yang berbentuk bulat. Amunisi yang cocok biasanya batu di daerah pinggiran sungai. berat amunisinya bervariasi, mulai dari batu kerikil/koral yang beratnya kurang dari 50 g, hingga batu yang beratnya 500 g atau lebih.


umban tali

Sling telah ada sejak beberapa abad sebelum masehi oleh masyarakat di sekitar Mediterania untuk berburu dan berperang. Sling muncul sebelum teknologi baru seperti Atlatl dan busur panah. Sling juga pernah digunakan oleh David atau Nabi Daud saat mengalahkan Raja Jalut/Goliath.





Di masa sekarang, Sling digunakan oleh peminat olahraga di beberapa belahan dunia, Sling juga digunakan saat terjadi kerusuhan yang banyak terjadi di beberapa negara tertentu.




.